Telan Miliaran Rupiah, Pabrik Bio Etanol dan Silo Dryer di Minsel Terlantar

Telan Miliaran Rupiah, Pabrik Bio Etanol dan Silo Dryer di Minsel Terlantar

Amurang, BeritaMinsel – Dua pabrik yang dibangun dengan anggaran miliaran rupiah terlantar di Kabupaten Minahasa Selatan. Pabrik Bio Etanol dan tempat Pengering Jagung atau Silo Dryer yang dibangun di Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Kondisi dua pabrik yang dibangun di Pemerintahan Kabupaten Minahasa Selatan hanya dibiarkan dan tidak terurus lagi. Padahal dua pabrik ini dibangun dengan tujuan membantu petani Minahasa Selatan khususnya petani cap tikus dan petani jagung.

Untuk itu sejumlah warga akhirnya mempertanyakan keseriusan pemerintah sebab sejak dibangun sekira tahun 2008 dan 2009 tidak banyak membantu warga, bahkan sejak mulai dibangun hingga sekarang sudah terlantar. Karena itu warga meminta pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan untuk meperhatikan bangunan tersebut.

“Yang kami tau bagunan tersebut untuk menunjang pertanian cap tikus dan jangung namun sampai sekarang tidak ada fungsi apa-apa. Bahkan dalam peresmian waktu itu langsung oleh mantan Bupati Luntungan dan sejumlah pejabat Provinsi maupun Pusat, namun sayangnya tidak ada guna untuk masyarakat, malahan hanya merugikan negara,” ucap warga yang namanya tidak mau disebut.

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Minahasa Selatan Adrian Sumeweng ketika dikonfirmasi mengatakan dua pabrik itu dibangun oleh pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi. Namun saat ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan terus berupaya melakukan konfirmasi dengan Pemerintah Provinsi, agar supaya dihibahkan ke Pemkab Minsel guna menata kembali pabrik tersebut.

“Tidak dipungkiri bangunan tersebut dibangunan diKabupaten Minahasa Selatan. Namun itu masih milik Pemerintah Provinsi. Kami masih terus berupaya agar Pemerintah Provinsi dapat menghibah kepada Pemkab Minsel, agar itu dapat diberdayakan bagi masyarakat Minsel. Dan untuk parik Bio Etanol sementara menelusuri status kepemilikannya,” tutup Semeweng

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.